Jadwal tak teratur

· 2 minute read

Biasanya diatas jam 10 malam aku punya waktu luang sampai ngantuk. Jam 12-1an, berarti 2-3 jam ada waktu luang. Yang aku sempatkan untuk membaca buku. Atau baca-baca sesuatu di internet lah, nyobain-nyobain apps atau tools di internet, atau ngoding sesuatu ngoprek-ngoprek. Tapi seminggu kemarin, sesi jam segitu kayak pluff hilang begitu saja. Aku gak inget ngapain.

Ketika ada momen gak inget gini, aku tau penyebabnya adalah: aku main sosmed. Aku yakin kemarin itu aku cuma scroll tiktok sampe 3 jam. Fun fact: Aku udah set restrict 1 hour only untuk main sosmed seharinya via iphone. Tapi tetep aja itu gak works buat melimitasi menggunakan sosmed, selalu aku tambah 15 menit, tambah 15 menit sampe 3 jam.

Yah aku kayaknya kemarin ini buka tiktok deh.

Cukup beberapa kali, jadwal yang sudah kita tentukan akan kacau dan akan tergantikan oleh jadwal yang tidak kita inginkan. Kayak sekarang, jam segini yang harusnya aku inginnya kayak diatas, sekarang malah main tiktok, dan otak semacam mewajarkannya, kayak, kemarin-kemarin juga main tiktok, berarti sekarang main juga dong gitu.

Tapi dari fakta ini kita juga bisa tau bahwa, membuat jadwal baru atas sesuatu itu bisa aja, cukup lakukan itu konsisten tiap hari selama seminggu di jam yang sama, nanti kita akan melakukan itu, kita akan merasa ada yang kurang kalau tidak melakukan itu.

Segala bahasan tentang how good recommendation tiktok, tiktok bikin candu dll itu beneran, dan se efektif itu. Sudah kubuktikan. Buku tak tersentuh, tiktok melulu.

Bagaimana cara menguranginya sekarang? Replace dengan hal lain. Atau uninstall sih. Tapi jalur uninstall kayaknya tidak akan aku lakukan dalam waktu dekat.

comments powered by Disqus