Jalan Kaki 4

· 2 minute read

Jalan kaki ke 4 ini aku akui tidak solving big problem atau critical thinking. Cuma butuh liat ijo-ijo karena seminggu ini begadang terus main elden ring haha.

Semua masalah yang terlihat terkadang kita perlu mundur beberapa langkah untuk melihat view yang lebih luas. Solusinya sebenarnya bukan menyelesaikan masalah itu, solusinya bisa jadi terpusat, problemnya bisa jadi terpusat dan merembet membuat masalah-masalah baru. Problem terpusat ini yang mestinya kita solusikan. Biasanya kalau gini, problemnya adalah bad habit. Kebiasaan buruk yang berimbas ke segala aspek kehidupan kita, yang akhirnya melahirkan masalah baru.

Kebiasaan buruk ini, kalau sudah sampai jadi seperti ini menurutku sudah menjadi kebiasaan yang udah tahun-an dilakukan. Cara mengetahui kebiasaan buruk yang kalian miliki adalah akar dari masalah segala aspek kehidupan kalian adalah, coba selesaikan masalah aspek, apabila muncul lagi, berarti solusinya bukan solving problem itu, berarti ada problem yang lebih invicible, dan darisanalah kita bisa identifikasi bad habit kita.

Bad habit dikatakan bad ya karena dia memang membawa lebih banyak dampak negatifnya ke hidup kita. Tapi selain itu memang ada habit-habit yang kita tidak sadar itu bad, even masyarakat tidak terlalu menjudge itu bad, tapi ketika dilakukan konstan, terus menurus hingga 5 tahun, aku yakin dampaknya pasti kerasa. Contoh: Makan fast food.

Dari sekian habit yang pingin aku bentuk, ada satu bad habit yang ingin aku basmi. Dan itu sangat susah.

comments powered by Disqus