Jangan kasi batas waktu

· 1 minute read

Seminggu kemarin, aku udah lama tidak merasakan sensasi ngoprek-ngoprek sampai lupa waktu. Entah kenapa minggu ini pingin belajar, pingin bikin sesuatu. Aku sekarang memutuskan untuk belajar Flutter (Apps Dev Framework).

Dari selasa kemarin, baru hari ini (jumat) kelar untuk install-install segala tools dan tetek bengeknya. Termasuk lama kalau baru sampai tahap ini. Tapi rasa excited untuk belajarnya ini masih ada, yang udah lama tidakku rasakan. Ada satu hal menurutku penyebabnya: Tidak ngitung waktu.

Ngoprek, atau belajar sesuatu yang baru, tentu itu merupakan aktivitas baru dari kegiatan rutin kita sehari-hari. Karena dia aktivitas baru, kerap kali kita memberikan “deadline” kepada aktivitas itu kayak gini. “Buset udah 4 jam aku dari tadi ngerjain gini doang, harusnya jam segini tuh aku udah mandi” Something like that lah.

Tanpa disadari, memberikan deadline kepada aktivitas baru yang ingin kita lakukan, belajar hal baru lah contoh konkritnya, bikin itu menjadi tidak menyenangkan. Karena kita merasa terus kekurangan waktu. Hal yang penuh dengan ketidakpastian, dipersuli lagi dengan kekurangan waktu dari constrain yang kita ciptakan sendiri. Melakukannya jadi tidak enjoy.

Kalau kalian mau belajar sesuatu yang baru, jangan kasi batasan waktu. At least jangan sampai merasa kekurangan waktu.

comments powered by Disqus