Kegiatan perangkap yang bikin malas

· 2 minute read

Ketika ada orang yang males-malesan. Atau versi ekstrimnya menjadi beban keluarga padahal dia masih sehat secara fisik untuk bekerja, aku selalu berpikiran, pasti ada suatu kegiatan yang dia lakukan sehari-hari, yang membuat dia bikin jadi tidak mau melakukan kegiatan yang produktif.

Kita ini gampang bosen. Sebagai manusia kita gampang bosen karena ada mekanisme dopamin di tubuh.

Dopamine 2

Dopamine

Dopamin Reward System

Jadi apabila seseorang yang dibilang gak kerja, gak ngapa-ngapain, jadi beban keluarga dan negara, mereka sebenarnya tidak “tidak ngapa-ngapain”. Mereka itu pasti melakukan kegiatan, yang energinya digunakan untuk melakukan suatu kegian tidak produktif. Aku bilangnya kegiatan perangkap, kegiatan yang menghabiskan mayoritas energi kita yang seharusnya energi bisa digunakan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat.

Kegiatan perangkap ini jaman sekarang sudah sangat bejibun jumahnya. Coba kita bahas salah duanya disini:

Main sosmed. Jangan salah, main sosmed ini adalah suatu kegiatan perangkap yang bikin kita bener-bener tidak akan pernah merasa bosan. Bosen sejam, udah capek istirahat, sejam kemudian sosmedan lagi. Karena di sosmed akan ada sesuatu yang baru yang bikin kita tidak pernah bosan.

Kedua game. Aku sebagai gamer, dan game menjadi bagian dari hidupku, jadi aku tau juga bahwa banyak orang-orang yang teradiksi oleh game. Apalagi game-game yang sekarang kayak MOBA dan Battle royale bener-bener bikin ketagihan, aku pun merasakannya. Banyak yang bilang, gamenya gratis tapi dibayar pake jiwa kita haha.

Sekarang kita sebagai orang yang sudah tau akan hal ini kita harus sadari, apa ada kegiatan perangkap yang sering kita lakukan. Seolah-olah kita memang beneran melakukan “sesuatu” tapi “sesuatu” itu adalah sesuatu yang tidak produktif. Kurangi.

Terkesan disini aku sangat menentang sekali terhadap kegiatan yang tidak produktif. Tentu saja tidak, aku sendiri main game tiap hari. Yang mau ku sampaikan adalah, jangan sampai kegiatan ini mendominasi hari-hari kita sehingga kita jadi malas dan terlihat tidak ngapa-ngapain.

Apabila kita melihat seseorang yang menyedihkan, tidak bekerja, tidak ngapa-ngapain dan jikalau ingin membantu, kita bisa mencari tau kegiatan perangkap yang dia lakukan apa baru start dari situ.

comments powered by Disqus