Kenyang seharian

· 2 minute read

Hari ini aku kenyang seharian. Makan start jam 11, abis itu karena dagang cinnamon langganan udah buka lagi setelah hiatus lama akhirnya beli banyak. Makan itu terus selama kerja, laper dikit makan, laper dikit makan. Selama kerja energi rasanya tidak maksimal. Sampai akhirnya habis jam 6 sore-an.

Aneh, harusnya kan memiliki banyak energi karena makan dan kenyang tapi malah kebalikannya. Badan lemes, ngantuk dan kurang fokus.

Puasa, banyak orang puasa yang merasakan selain menurunkan berat badan, juga merasakan benefit energi yang lebih banyak. Energi untuk kerja, energi untuk fokus dan energi untuk menjadi lebih produktif. Kok malah kebalik ya.

Ada quote yang aku suka: Puasa membuat kita menghilangkan semua keinginan dan fokus pada satu keinginan: Makan. Apakah ada relasinya?

Tapi gimana dari level biologis? Aku kurang tau, yang jelas para penggiat angkat beban sangat menyarankan intermittent fasting karena dapat meningkatkan percepatan pertumbuhan masa otot. Tapi ternyata mereka merasakan benefit lainnya juga kayak memaksimalkan energi, menjadi lebih fokus dkk.

Aku pernah nonton dokumenter, dari suku pedalaman yang masih melakukan berburu untuk makan. Mereka berburu dari pagi sampai sore, terus malam baru makan. Yang menarik adalah selama berburu enggak ada yang boleh nyemil-nyemil. Minum air boleh, tapi enggak ada boleh nyemil. Misal nyemil berries atau apa. Mereka percaya dengan nyemil-nyemil gitu menghilangkan tingkat konsentrasi selama berburu.

Hasil buruannya langsung dijadiin pesta dan makan sampai kenyang. Secara tidak langsung mereka menerapkan intermittent fasting.

Hmmm boleh dicoba.

comments powered by Disqus