Kondisi Pemasukan Tambahan

· 2 minute read

Awal tahun ini aku nge-set goals untuk tahun ini targetku bisa mendapatkan 50 juta penghasilan tambahan. 2023 sisa tiga bulan lagi, dan angkanya itu masih jauh dibawah target. Berikut list nya:

  1. Sistem klinik: 2.5 jt
  2. Company Profile: 1.5 jt
  3. Bikin Bot Telegram: 500k
  4. Juara 1 Lomba Menulis: 2 jt

Total masih 6.5 juta, minus 43.5 juta. Kalau mau melihat perbedaan target dan actual, memang sangat jauh. Tapi cukup bangga karena tahun ini adalah tahun pertama yang beneran aku bisa dapet penghasilan tambahan setelah sekian lama.

Sisa 3 bulan ini mungkin target yang paling achieveble dan cantik adalah di angka 10 juta. Tapi apakah aku bisa melakukan itu? menurutku bisa, tapi plannya seperti apa? Itu juga belum tau. Kalau menggunakan taktik seperti sekarang (no tactic), bakal tidak bisa.

Darisini bisa dilihat bahwa, sebenarnya mendapatkan penghasilan tambahan itu bisa datang darimana saja. Asal kita rajin, sedikit hustling untuk mencari, harusnya bisa dapat. Aku jujur saja enggak hustling mencari, tapi nunggu ada yang dateng, makanya bisanya cuma segitu. Syukur syukur ada yang mencari ya kan.

Tapi yang jelas, skillmu, yang kamu kira “Meh, bikin ginian doang mah gampang, siapa yang mau bayar”. Itu salah. Banyak orang yang tidak se-skillful dan se-resourcefull kita, dan rela bayar agar tidak repot melakukan itu. Jadi, coba cari orang-orang itu.

Related readings:

comments powered by Disqus