Layoff

· 2 minute read

Banyak berita layoff. Dari semenjak pandemi mungkin. Oh enggak, kayaknya baru-baru ini. 2022. Kalau di Indonesia start dari shopee. Terus sekarang, jadi banyak. Shopee second wave, GoTo dll.

Selain di Indonesia para FAANG juga layoff yang lebih gila lagi. 11rb orang di layoff. Facebook, Twitter, Amazon. Ada apa sih sebenarnya?

Paling simplenya sih karena untuk mengurangi cost. Growth dari profitnya tidak sebanding dengan cost yang dikeluarkan. Akhirnya pada dipecatin deh pegawainya. Karena secara statisktikTapi kenapa bisa berbarengan?

Aku percaya ini dipicu juga oleh kondisi makro ekonomi yang katanya mau resesi. Kenapa itu terjadi karena terpengaruh oleh perang rusia-ukraina, pandemik dan event-event global lainnya.

Untuk startup di Indonesia, aku percaya karena mereka tidak profit. Atau at least costnya lebih besar dari profit. Alias boncos. Startup memang ngetrend boncos, tapi kali ini angel Investornya sudah tidak bisa menyuntikan dana banyak. Dan akhirnya mesti mangkas cost deh buat mengurangi boncos.

Tapi kenapa dulu rekrut besar-besaran kalau tidak bisa mengantisipasi hal yang kayak gini, kenapa rekrutnya hingga nge-cost sebanyak itu, sampai-sampai layoff besar-besaran ini terjadi. Harusnya rekrutmennya di atur, manage supaya costnya masih terjangkau gak sih?

Aku percaya itu supaya growth kasar perusahaannya cepat. Growth cepat, grafik bagus, investor jadi semakin yakin untuk invest. Tapi produktivitas pegawai selama mengejar growth kemarin untuk sekarang tidak konstan dan mayoritas berkurang, tidka maksimal. Makanya kena faktor untuk memangkas cost.

Aku jadi mikir seberapa pinginnya dulu aku kerja di startup karena dia berani ngasi gaji yang berkali lipat upfront. Tapi sekarang aku punya alasan tambahan buat bersyukur. Sama dari fakta ini yang bisa kita ambil adalah sebagaimanapun kalian kerja giat, kerja demi perusahaan, kalau memang ada sesuatu yang seperti ini, dipecat dipecat juga ujungnya. Perusahaan tidak peduli, asal ini jadi salah satu cara agar tidak bangkrut, ya bakal dilakukan. Jadi kerjalah sesuai dengan bayaranmu saja.

comments powered by Disqus