Malem-malem tidak produktif

· 2 minute read

Dulu waktu kuliah aku sering banget begadang. Ngerjain final project h-1, begadang sampai pagi, terus mandi terus ngumpulin ke kampus tanpa tidur. Enggak sehat memang, tapi hari-hari sebelumnya dan paginya mesti main, jadi enggak sempet ngerjain tugas, main memang jadi prioritas waktu itu haha. Tapi ada fakta menarik dari sini.

Ngerjain tugas kampus, sering banget ketemu error dan stuck gak bisa harus ngapain. Ketika aku stuck, aku sering tinggal tidur barangkali 1-2 jam. Terus bangun lagi, dan stuck itu bisa diselesaikan. Aku inget banget dulu kita ngerjain malem, dari jam 8 malem sampe 12 malem enggak kelar-kelar. Akhirnya semua ketiduran dan baru bangun jam 6 pagi, dalam waktu 30 menit bug nya ketemu, dan terus mandi. Jam 07.30 kelar. Kalau kita begadang, aku yakin sama kelarnya juga jam 07.30, tapi tanpa tidur haha.

We need fucking sleep. Seriously. Dulu kan sering ada jokes-jokes yang seliweran di kampus lah “Sleep is for the weak”, sebenarnya itu kebalik. “You weak because you’re not sleep”. Harusnya sekarang jadi gitu. Kita butuh tidur buat meristirahatkan pikiran dan raga, supaya bisa kembali produktif.

Tentang nightowl, dimana orang yang lebih memilih bekerja dimalam hari, bukan karena kewajiban ya, tapi memilih bekerja dimalam hari ketimbang pagi, menurutku bakal jadi gini:

Ibarat ok dia produktif, karena dia tidur cukup di pagi-siang, tapi dia kerja dimalam hari.

Orang yang kerja di pagi hari, dengan kondisi yang sama, dia bisa menyelesaikan 100. Orang yang nightowl, dia bisa menyelesaikan 95. Karena apa? Tubuhku kita taunya malem hari itu waktu tidur, dan akhirnya memberikan sinyal istirahat ke kita, dan sinyal itu mengintrupsi fokus kerja kita.

Aku sekarang percaya, malem hari itu memang untuk istirahat bukan kerja, kalau kamu bisa milih, selalu pilih kerja normal pagi-siang-sore.

Karena aku kerja pagi-siang-sore, malem bener-bener menjadi kegiatan yang super tidak produktif. Aku begadang, tapi begadangnya karena main game dan nonton youtube, bukan melakukan sesuatu.

Stop your game, stop your youtube and go fucking sleep. Lanjutin game mu nanti setelah tidur. Dan 100% aku yakin kamu tidak akan main game pagi-pagi, pasti kerja, which is nice. Produktif.

comments powered by Disqus