MOBA

· 2 minute read

MOBA atau singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena. Salah satu genre game. Yang terkenal itu DOTA, League of legend. Di Mobile ada Mobile legend.

Aku ingat, awal mula ada MOBA ini. Di mulai dari mini games dari game Warcraft 3. Kelahiran Dota. Defend of the Ancient.

Dota 1 kita bilangnya. Terus gak lama dengan dota 1, lahir HON. Game MOBA juga. Dota 1 berlangsung selama 10 tahun, sampai akhirnya tidak ada update dan dibeli oleh Steam. Dota 1 ditinggalkan dan lahir game baru: Dota 2. Tahun 2009 - 2010. Terus dibarengi dengan League of Legend (LoL)

Aku sendiri main Dota 1 waktu SMA. Awalnya yang gak ngerti serunya dimana sampai akhirnya main LAN begadang sama temen hampir tiap malem dirumahnya.

Dan akhirnya diperkenalkan oleh Dota 2 tahun 2014, inget banget jaman-jaman masih nyari kuliah. Aku sampe ditelfon ibuku buat pulang ngurus kuliah karena aku malah main Dota 2 di warnet.

Fast forward waktu kuliah Dota 2 itu udah jadi identitas. Setiap waktu luang pasti main, sehari minimal main 2 match dan yang akhirnya aku total main 1000 hours lebih. Dan mungkin di tahun 2018 karena udah pada skripsi akhirnya aku mengurangi main, dan akhirnya gak pernah main lagi.

Aku percaya MOBA ini banyak yang suka, dan itu diprakarsai oleh lahirnya Mobile Legend. The first MOBA yang ada di hanphone. Peminatnya langsung banyak. Karena smartphone lebih affordable daripada PC. Temen-temenku yang bukan gamer, bisa jadi gamer gara-gara mobile legend ini. Bahkan bisa pada lebih jago dari aku, yang punya experience 1000 hours di DOTA 2. Cool-cool.

Akhir-akhir ini aku main MOBA lagi. Main mobile legend karena temen ngajakin main lagi. Uniknya main MOBA gak pernah bikin bosen. Asal ada temen yang ngajakin langsung sikat udah. Aku yakin kalau ada yang ngajakin main DOTA 2, aku mungkin bisa ketagihan lagi.

MOBA is fun.

comments powered by Disqus