Motivasi darimana saja

· 2 minute read

Di tiktokku sekarang penuh dengan fyp tentang best manga panel yang inspirational. Vagabound, Vinland Saga, Berserk, dll. Aku seketika melihat itu, sebagai orang yang memang mengkonsumsi anime dan manga dari kecil, bisa merasakan motivasi dari sini. Aku sedikit terobsesi, dan aku jadikan wallpaper supaya selalu ingat dan memberikan sensasi untuk menjadi lebih baik.

Manga dan anime yang memang terkenal bisa membuat orang-orang merasakan extreme level of emotion, aku juga merasakanya di manga panel yang ber sangkutan, rasa motivasi kudapatkan.

Motivasi bisa didapat dari mana saja, jangan batasi atau bahkan jangan menolak rasa motivasi yang datang dari sumber yang tidak normal. Karena at the end of the day, sumbernya tidak masalah, yang penting adalah tumbuhnya rasa motivasi. Bahkan kalau mau ditarik lagi, rasa motivasinya juga bukan bagian terpentingnya, yang hasil dari motivasi itu apa.

Tapi disisi lain, rasa motivasi itu bisa berdampak negatif, ibaratnya kita melihat itu sebagai motivasi, tapi sebenarnya itu adalah tindakan kriminal. Sebuah sumber yang memberikan motivasi kepada konsumernya untuk melakukan tindakan kriminal. Makanya banyak media yang memberikan batasan umur kepada konten mereka karen, bisa saja konten mereka di anggap memberikan motivasi yang tidak baik kepada orang yang belum bisa memisahkan mana yang baik dan mana yang benar.

Tapi kalau kita bicara tentang motivasi yang baik, darimanapun sumbernya harusnya kita tetap dekatkan itu ke kita. Mau sumbernya cuma dari suara kolam ikan, atau dari lagu lo fi hip hop, that’s great! Karena kalian bisa mendapatkan sebuah motivasi dengan cara yang cepat dan mudah.

Jangan hindari sumber motivasi baik kalau merasa sumbernya itu aneh. Manfaatkan itu.

comments powered by Disqus