Nepotisme

· 2 minute read

Tadi lagi nongkrong dirumah temen dan masuk kebahasan bagaimana budaya kita sering minta bantuan apabila punya kenalan. Minta bantuan untuk bantu memasukan anaknya sekolah/kuliah/kerja. KKN. Korupsi kolusi nepotisme. Suka keliru tiga itu apa bedanya. Tadi sudah sempet search dan ini dia:

  • Korupsi: Menggelapkan duit, menggunakan duit yang bukan punya pribadi untuk kepentingan kelompok
  • Kolusi: Suap
  • Nepotisme: Mendahulukan kerabat yang diberi keuntungan yang tidak sesuai aturan.

Nepotisme terkesan paling yang tidak evil diantara 3 itu. Malah nepotisme di beberapa part udah dianggap aturan tak tertulis yang diwajarkan. Nepotisme means kita punya network. Network is the nepotism. Using network to get something without stick to the rule or bypass the competition.

Faktanya adalah di dunia nyata network lebih di reward dibandingkan real skill. Jangan jauh-jauh. Coba kita langsung ke studi kasus:

Kamu adalah bos di perusahaan A, ada 1 kursi manager yang kosong, dan sudah ada 2 kandidat yang bulan depan saat performance review, harus sudah ditentukan. Kandidat A, pekerja yang efisien dan kritis. Setiap keputusanmu selalu dibahas, dan dikritisi. Seringkali dibantah, dengan memberikan solusi yang terkadang kamu kurang suka. Kandidat B, pekerja yang biasa aja. Tapi setiap instruksimu selalu dilakukan tanpa protes.

Siapa yang kamu angkat untuk menjadi manager?

80% akan memilih Kandidat B. Sesimple karena mudah untuk kerjasama. Walaupun skill kalah dengan A. The power of network. No evil intention. Bukan ingin menguntungkan kerabat, tapi cuma supaya alur intruksi lebih mudah dan lebih cepat. Tentu ini casenya simplified tapi you got the point.

Networking di-reward banget di dunia ini. Punya kenalan orang di hotel, dapet diskon. Punya kenalan polisi, apa-apa dimudahkan.

Setidaksuka-nya kamu dengan networking, kamu bisa kehilangan reward apabila tidak memanfaatkan kesempatan untuk networking.

Tapi jangan sampai kita sampai tidak mengasah skill, cuma nyari network aja. Skill tentu saja direward juga diberagam aspek. Become skillfull dan have good network.

comments powered by Disqus