New fandyaditya site coming soon

· 2 minute read

Maunya aku tulis ini ketika sudah berhasil mendeploy website barunya. Tapi sepertinya itu butuh beberapa hari lagi. Malem ini aku coba deploy website fandyaditya ini pakai solusi open source. Karena keluar ongkos aku cari solusi yang gratis. Searching singkat di github udah ketemu, ada beberapa pilihan, dan aku pilih yang masih update dan stars nya banyak.

Sudah berhasil, config gampang, deploy gampang. Tapi setelah running, ternyata ada issue. Update data dari notion tidak serta merta ke update ke websitenya. Akhirnya aku memutuskan untuk mengganti ke solusi lain.

Sudah nyoba 2 solusi lainnya, tapi errornya bahkan lebih parah, deploy aja enggak bisa. Setelah otak atik 2 solusi itu, akhirnya aku memutuskan untuk baca code solusi pertama dan ngefix sendiri codenya, artinya ngecustom codenya biar works.

Dan sampailah disini, kali ini aku lagi ngedebug codenya. Ada beberapa teknik yang mau aku coba, karena ternyata issue website gak update sesuai notion ini banyak yang mengalami.

Open source akan selalu kayak gini. Sesimple karena dia gratis, dan maintenernya tidak akan seniat dan sebaik hati itu untuk ngefix segala issue yang ada. Karena tidak ada insentif dari perbaikannya. Beda dengan software berbayar, ya issue itu akan menjadi prioritas untuk di fix karena usernya udah bayar dan user memiliki ekspektasi agar tidak ada error kalau enggak, selesai berlangganan.

Tapi, software di dunia ini memang dibangun diatas open source dan open source lainnya. Harus tetap respect terhadap pembuat open source dan maintener yang rela kerja tanpa dibayar. Mereka cuma hobby aja.

Expected websitenya akan naik minggu ini.

comments powered by Disqus