NFT: Setelah 6 Bulan

· 2 minute read

Tepat 6 bulan yang lalu, 8 oktober 2021 aku sempet nulis Tentang NFT:

Free Write 5 Minutes: Tentang NFT

Hari ini karena gak ada bahan, aku coba mau nulis lagi tentang NFT. Sudah seberapa jauh sih pengetahuanku tentang NFT, sudah seperti apa berkembang dari oktober tahun lalu.

Setiap ada teman yang bertanya “NFT itu apasih?” Aku sudah punya jawaban template, yang menurutku sangat mudah dimengerti oleh orang yang tidak tau sama sekali.

Aku selalu jawab gini: “NFT. Coba kita mulai dari benda di dunia real. Menurutmu uang 100rb rupiah yang kita punya ini unique atau enggak? Faktanya adalah setiap 100rb rupiah yang kita punya itu unique, dia memiliki id dilembarnya. Tapi kenapa 100rb rupiah dimanapun di indonesia bernilai sama? Karena negara yang membuat aturan seperti itu. Non Fungible Things itu sebenarnya ada di sekeliling kita. Non Fungible menjadi Fungible ketika adanya kesepakatan.” Gitu kira-kira. Yang langka ini sebenarnya Fungible things, bukan Non Fungible.

Aku juga suka jelasin kayak gini:

  • Non Fungible: Kamu nganter dan jemput anakmu sendiri di TK itu.
  • Fungible: Kamu nganter anakmu sekolah ke TK. Ketika sudah waktunya jemput, kamu gak peduli mau jemput anak siapa. Yang penting dia “anak” yang sekolah di TK itu.

Usecase: Sejauh ini usecase dari NFT masih belum berubah jauh. Setelah mendalami rabbit hole, dan skin in the game aku mendapatkan beberapa insight. Kebanyakan para pembeli NFT itu ingin quick flip: Beli ketika pre-sale, berharap harganya naik ketika sudah release buat dijual segera.

Supaya lebih tau, aku coba beli NFT Buku. Salah satu Pioneer NFT Buku. Mark Manson, author buku The Subtle Art of not Giving a Fuck bikin NFT. Aku beli di $200. Ekspektasi bakal melambung karena creatornya terkenal, ternyata tidak. Tapi, dengan memiliki NFT ini aku punya beberapa benefit:

  1. Join private discord sama Mark Manson, tiap minggu dia ngadain AMA. Lumayan dapet insight tambahan.
  2. Free Access 6 Bulan Kursusnya Mark Manson. Ini harusnya sudah ROI karena kursusnya mahal.
  3. Akses ke unrelease chapter bukunya dia.

Walaupun rencana awal untuk quick flip gagal, tapi cukup puas. This type of NFT’s usecases yang menurutku bakal menjadi trend kedepannya. NFT sebagai membership. Pemegang NFT itu mendapatkan privilage.

Selanjutnya kayaknya aku gak begitu mendalami NFT lagi, nyari-nyari whitelist, join-join discord mereka itu cukup exhausting. Sekarang cukup cari info kalau ada usecase NFT yang menarik aja, kalau beneran menarik boleh dicari taulah.

comments powered by Disqus