Ngoprek Malam

· 2 minute read

01.30 dari jam 23:00 aku ngoprek-ngoprek sampai sekarang. Ini mungkin bisa dibilang jam ngoprek ku terlama, setelah sekian lama. Tanpa sosmed, tanpa youtube, tanpa lagu, pure ngoprek, riset, thinking.

Tentu saja ada motivasinya. Dan mungkin itu yang bisa buat window of time ini bisa ngoprek lumayan lama ini. Jadi inget waktu proyekan waktu kuliah, mungkin itu yang bikin bisa proyekan waktu kuliah di tengah jadwal yang super sibuk. Ada motivasi.

Open source di jaman sekarang sudah sangat powerful. Kita tidak perlu buat aplikasi from scratch lagi, cukup pelajari open sourcenya dan kita bisa memangkas banyak waktu, tanpa mengurangi kualitas dari aplikasi yang kita buat.

Tantangan dari menggunakan open source adalah limitasi. Karena as a open source memang kadang tidak jauh dari bug, yang mungkin memang sudah di plan untuk di fix, atau juga enggak karena bug tersebut impactnya tidak dibanyak user, atau bahkan cuma di kita aja. Jadinya kita mesti fix itu sendiri dengan ngemodify code open source yang gak jarang sangat campur aduk dan amburadul.

Tapi notes: tentu saja sekarang ada code open source yang rapi dan easy to read. Biasanya apabila open sourcenya dapet sponsor, maintainernya dapet sponsor.

Kedua, jago milih-milih open source yang tepat buat aplikasi/project kita. Karena apabila kalau sudah jauh baru tau bahwa open source ini tidak capable untuk fitur dari project yang ingin kita bangun, waste so much time and energy yang ujung-ujungnya bikin ulang dari awal. Tentu solusi ini sama dengan solusi diatas, tapi gak jarang memang lebih baik bikin from scratch.

Itu yang sedang kulakukan tadi sampai sekarang.

comments powered by Disqus