Night Owl

· 2 minute read

Night owl alias orang-orang yang lebih aktif dimalam hari. Aku pernah merasakan jadi ini, lebih tepatnya waktu masih kuliah. Karena sibuknya kegiatan kampus, jadi bisa ngerjain tugas waktu malem-malem aja.

Akhirnya keterusan ngerjain tugas malem-malem. Walaupun udah gak ada kegiatan kampus. Siang-siangnya waktu kosong malah main atau ngapain. Dan ini bukan aku aja, hampir semua temen kampus ku gitu. Ada rasa bangga bisa begadang 24 jam. Bisa nyelesaiin tugas yang harusnya butuh beberapa hari, kelar semalem.

Semenjak kerja udah engak lagi, karena paginya kerja dan malemnya udah capek. Tapi sisa-sisa night owl waktu kuliah itu masih kurakan. Daya mikir dan konsentrasi yang turun waktu di kantor, dan malah on fire waktu malem-malem. Padahal waktu istirahat, waktu tidur udah cukup. Not good.

Darisini aku percaya bahwa, night owl itu tercipta oleh kebiasan. Di kasusku itu kebiasaan waktu aku kuliah. Defaultnya kita morning person, tapi karena sebuah kebiasaan kita menjadi night owl. Tapi turnout aku pernah merasakan benefit dari “kerja malam”.

Ada momen dimana kerjaanku di siang hari cuma meeting-meeting, demo-demo, ketemu sana sini, di chat tiap menit. Walaupun tidak makan waktu 8 jam, tapi itu tetap itu mengganggu. Sebenarnya ada waktu buat mengerjakan, tapi tidak bisa karena tidak bisa fokus.

Akhirnya ngerjain malam hari, damai. Gak ada yang chat, gk ada yang ganggu. Bisa kerja optimal, bisa deep work. Kerjaan bisa kelar cepet. Tapi aku udah gak gini lagi. Aku bikin system supaya bisa fokus untuk kerja di siang hari. Actual work come first, yang lain nunggu.

comments powered by Disqus