Nostalgia Wisuda

· 2 minute read

Kemarin aku ikut nganter adiku Wisuda di jogja. Di Atmajaya. Sudah 4 tahun lalu kira-kira aku semenjak wisuda. Ngeliat keramaian kemarin, aku jadi kangen. Men kangen kuliah.

Ngeliat anak kampus, duduk di tangga, sepatu setengah diinjek. Vans old skool, dekil, flannel dilipet sedikit lengannya kayak abang becak, nungguin dosen, nungguin orang yang diwisuda, kakak tingkatnya, temennya. Ahh sangat-sangat nostalgia.

Aku inget betul momenku waktu wisuda 4 tahun lalu. Tidak akan pernah dilupakan. Apalagi ada arak-arakan di kampusku yang heboh banget. Cool abies lah pokoknya. Kemarin bapak nemu video arak-arakan yang dia rekam, lumayan ada kenang-kenangan.

Wisuda kemarin jadi membuatku nostalgia akan kampus lyfe. Aku akui kehidupan kampusku menyenangkan. Ngambil kuliah yang memang minat, nongkrong, nginep ke kontrakan temen, di kos tetanggan sama temen juga, game, jasa cuci sepatu, mabok pasar di kos, kepanitiaan, ambil proyek, makan malem bareng, duduk di bangku kampus, lorong kampus, aula, suasana kelas, begadang di lab FP, 9-5 senin-jumat ngerjain skripsi. Dan banyak banyak lagi lainnya

Kuliah is freedom. Musuh kita sebenarnya adalah kebebasan itu, kebebasan bermata dua. Tapi dari itu kita bisa belajar bahwa, hidup ini memang bebas, tapi ada tanggung jawab yang mesti diselesaikan kalau mau hidup yang baik. Ada banyak case temen yang tidak melanjutkan kuliah, dengan berbagai alasan dan juga ada yang tak beralasan. Tapi aku bisa menyelesaikan kuliah karena aku memberikan batas atas kebebasanku. Also i surrounded by good people.

Kalau ada masa-masa yang ingin kuulangi, masa kuliah salah duanya. Kangen kuliah, tapi enggak kangen mengejar nilainya hahaha.

comments powered by Disqus