Nyepi 2023

· 2 minute read

Nyepi kali ini ada sedikit perbedaan. Aku tetap di bali, aku tetap di kampung, tapi sekarang rame. Kakak pada pulang. Jadi yang biasanya aku habiskan untuk bengong,tidur dan baca buku, sekarang ku habiskan untuk ngobrol, tidur dan baca buku. 1/3 beda hahaha. Kita banyak ngobrol, tentang apapun karena memang udah lama gak ngobrol. Sama bapak, ibu, kakak, bapak dan kakak ipar. Banyak deh pokoknya.

Tidak menggunakan handphone atau mesin lainnya juga tidak susah. Aku pikir, aku yang tiap minggunya dapet report menggunakan handphone 6 jam seharinya menjadi kesusahan, ternyata tidak. Which is nice.

Tapi ada satu yang kusadari, kangen banget sama pacar haha. I miss her. Sehari tidak kontakan, bener-bener kerasa kangennya.

Nyepi walaupun ekspektasinya ku akan mendapatkan enlightment seperti 1-2 nyepi sebelumnya, tapi untuk kali ini tidak. Tapi gapapa walaupun aku tidak dapat “istirahat”, tapi setidaknya alam ini dapat istirihat. Udara setiap nyepi itu selalu berbeda, selalu jauh lebih sejuk. Serta bintang! Bintanya itu bener-bener cakep. Bahkan ada bintang jatuh, dan milky way nya lo kemarin. Cakep.

Dan opini ku masih valid. Tidak ada yang lebih mengenakan daripada tidak ngapa-ngapain. Mungkin lebih ke pikiran ini, pikiran cuma fokus untuk hari ini aja, waktu nyepi tidak memikirkan hal-hal lain, cuma fokus, menghabiskan waktu hari ini, dan menunggu esok hari. Kalau bisa apply itu dikehidupan sehari-hari, betapa powerfulnya kita ygy.

Sampai jumpa tahun depan nyepi!

comments powered by Disqus