One year of writing

· 2 minute read

Hari ini adalah setahun aku memulai untuk menulis rutin. Series “menulis” ini aku sempat tulis di beberapa tulisan dibawah, berurutan dari paling awal dan paling akhir. Kayaknya ada yang miss tapi gapapa ini aja:

Free Write 5 Minutes: Tentang Konsisten

Free Write 5 Minutes: How I Write

Free Write 5 Minutes: This free write is not 5 minutes anymore

Setelah Menulis 100+ Tulisan

Sebulan Lagi Writenneversary

Untuk statistics aku rangkum singkat disini:

Total tulisan: 361
Persentase menulis: 98%

By subtags:
- Reason: 196
- Self Improvement: 14
- Exploration: 120
- Experience: 124
- Habit: 8
- Tips: 23
- Everyday: 53

View website (Per 22 Sept 2022):
 - Last 6 Months: 
   - Unique user: 186
	 - Page view: 2906

Wow, aku menulis 361 tulisan. Yang berarti aku cuma miss 4 hari. Bangga men.

Menulis setiap hari ini banyak hal positif yang aku dapat dari konsistensi ini.

Menulis untuk bepikir. Kita ada suatu hal, ide dari sesuatu yang aku baca, observasi dari lingkungan sekitar dan cerita, aku bisa lebih berpikir dengan menulisnya. Dampak dari itu, aku lebih bisa untuk berpikir kritis.

Aku jadi suka membaca. Awalnya maksa membaca supaya ada bahan buat menulis. Tapi sekarang sudah berkembang menjadi membaca karena ingin mendapatkan informasi, yang aku bisa extend dengan sudut pandangku via menulis.

Konsistensi. Banyak after effect dari konsistensinya itu sendiri. Aku jadi lebih pede dan percaya bahwa dengan konsistensi, apapun sebenarnya bisa kita taklukan. Mayoritas konsistensi yang aku banggakan padaku adalah working out dan menulis. Ada konsistensi konsistensi kecil lain yang bermunculan karena kisah sukses dari kedua konsisten itu, which is nice.

Journaling. Banyak orang bilang banyak manfaat dari journaling. Walaupun aku tidak journaling secara explisit, tapi aku juga dapat merasakan manfaatnya. Mentrack perkembangan diri, menuangkan isi pikiran dan perasaan yang semrawut menjadi lebih lurus. Subtabs everyday adalah isinya journaling implisit semua.

Artikulasi. Aku merasa penyampaian artikulasi, penyampaian ide secara verbal juga meningkat. Dari dulu aku selalu punya suatu ide pandangan yang susah sekali buat diucapkan, karena simply yang jalan di otakku semerawut. Tidak secepat apa yang bisa ku ucapkan. Tapi sekarang lebih baik

Coding dan menulis ini, aku merasa sama-sama melatih daya pikir di segmen yang berbeda. Coding membuat berpikir menjadi lebih terstruktur. Menulis membuat berpikir menjadi lebih luas, bisa mengambil banyak topik untuk dipikirkan/dibahas.

Secara kualitas, aku merasa ada peningkatan dari ide dan prosa walaupun tidak begitu signifikan. Tapi itu tidak masalah, karena bukan itu juga yang aku cari.

Sekian tulisan satu tahunan ini. Bakal lanjut terus nulis sampai gempor. Aku penasaran dengan hal positif apa yang bisa aku dapatkan dengan menulis tiap hari lagi, sama sampai kapan aku bisa konsisten kayak gini. Ciaw.

comments powered by Disqus