Overengineering

· 2 minute read

Istilah ketika terlalu membuat sesuatu yang memerlukan resources engineering yang banyak yang seharusnya tidak usah dilakukan dulu.

Misal contoh kita mau buka kos-kosan, tapi kita langsung bikin kos-kosan 100 kamar. Menghabiskan semua resources hasilnya kita tidak memiliki budget untuk marketing. Not engineering related tapi aku pikir mirip.

Tapi kita akan lanjut overengineering di konteks apps.

Overengineer ini biasa terjadi karena, kita terlalu mempersiapkan apps kita untuk masa depan, padahal harusnya kita fokus untuk saat ini aja dulu.

Overengineer ini musuh bisnis, karena overengineer memakan resources, including biaya dan waktu yang harusnya bisa dilakukan untuk hal lain.

Overengineer ini fun buat para engineer karena yaa kita membuat sesuatu yang susah dan rumit. Walaupun itu belum dibutuhkan. Solving problem that no one needs yang harusnya bisa nanti aja gitu.

Instead melakukan overengineer, lakukan supaya apps kita itu mudah di scale, mudah di maintain dan mudah di tambahkan fitur. But also this is hard things to do.

Sometimes ketika kita bikin apps alakadarnya, ketika apps kita sudah banyak yang make, tim malah keteteran untuk melakukan scaling. Sering-sering terjadi, ini bisa jadi salah satu penyebab overengineering itu ada.

Orang-orang diluar sana pernah berpengalaman, atau melihat pengalaman orang lain sehingga melakukan overengineering karena gak mau mengalami hal yang sama.

Aku kadang suka overengineering, karena enggak. Kalau udah overengineering ini malah bikin susah, ya tentu aja males. Dipake enggak, bikinnya susah.

comments powered by Disqus