Power

· 1 minute read

Aku sering banget liat top recommended books to read, atau 10 book that need you read before you die. Selalu ada buku 48 Law of power. Kalau diterjemahin ke indonesia, 48 hukum tentang kekuatan. Sangat abstrak. Aku belum baca bukunya, masuk wishlist lah. Tapi aku coba cari tau maksud dari “power” yang dimaksud.

Power yang dimaksud adalah kekuatan untuk mendapatkan apa yang kita mau, kekuatan untuk mampu menginfluence orang agar bisa sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Dari definisi itu, terkesan power itu kekuasaan, kekuasaan sebenarnya subset dari power. Kalau dibilang power itu persepektif, enggak juga. Power itu absolut.

Memiliki power, biasanya indentik dengan menjadi top x% person dibidangnya. Presiden. Donald Trump, Xin jie ping, Putin, bisa dibilang salah satu manusia dengan tingkat power tertinggi.

If you want to become high valued person, you must attain power. Man love competition. Competition lives in every corner of the world. Power membuat kita memenangkan kompetisi.

Dari bahasan diatas gimana cara untuk mendapatkan power? Ada dua besar menurutku.

  • Money. A lot of money.
  • Status

Cara mendapatkan 2 itu, bakal panjang lagi. Money and status sebenarnya saling berhubungan linear dang saling meningkatkan

Punya banyak uang, status meningkat. Status meningkat menghasilkan uang lebih gampang, uang nambah lagi status meningkat lagi dst.

comments powered by Disqus