Rumah Sakit terlalu ramai

· 2 minute read

Tadi aku habis donor darah di rumah sakit. Aku udah lamaaa banget enggak kerumah sakit dan, aku kaget gak kaget, ternyata rumah sakit itu rame banget. Rame yang kayak mall lah.

Aku asumsikan kalau rumah sakit ini memang ramai, bukan cuma rumah sakit yang ku kunjungi, bukan cuma yang di Bali, tapi di Indonesia. Tapi bagaimana kalau di dunia? Entah kenapa akan selalu ku bandingkan dengan jepang, karena jepang dimataku itu memang menjadi benchmark atas kesehatan, dan lain lain karena biasanya dia beda sendiri. Aku nemu ini:

Untitled

75% kamar dirumah sakit secara bulanan akan selalu penuh. Itu juga rame sih. Jadi aku asumsikan, memang rumah sakit di seluruh dunia itu memang crowded. Apakah ini masih karena dampak covid? Aku rasa tidak, tapi kenapa masih rame ya?

Rumah sakit ramai karena banyak orang yang membutuhkan service dari rumah sakit. Yaa dengan kata lain, orang yang sakit itu banyak. Terus kenapa orang bisa sakit? Bisa karena tua, bisa karena musibah, bisa karena kebiasaan, bisa karena sesuatu anomali di dalam tubuh yang didiamkan lama dan akhirnya menjadi besar dan ternyata itu menyakiti dan akhirnya mesti ke rumah sakit untuk diobati.

Aku percaya, olahraga dan makan sehat adalah salah satu cara untuk terhindar dari penyakit, kalau ditarik apakah dengan melakukan itu bisa mengurangi keramaian dirumah sakit, menurutku bisa, tapi cara mengubah kebiasaan masyarakat agar mengatur pola hidup sehat? itu udah diskusi yang berbeda.

Also makanan sehat, yang kita konsumsi sekarang dan nenek kita makan, itu sudah kadar sehatnya berkurang. Polusi tanah. Aku pernah baca juga, kita tidak bisa mendapatkan nutrisi yang bener-bener nutrisious yang bersumber dari makanan saja pada zaman sekarang, tapi juga mesti dari supplemen, karena makan zaman sekarang, se-whole dan se-sehat apa itu, kandungannya sudah berkurang sama polusi global yang ada di tanah.

Jadi balik lagi, bagaimana cara kita menurunkan keramaian di rumah sakit? kalau aku tau jawabannya, aku udah bisa jadi triliuner sekarang hahaha. Disisi lain rumah sakit ada buat digunakan, jadi asalkan occupancynya tidak overload, apakah bisa dibilang rate orang sakit itu masih normal? rame yang normal?

comments powered by Disqus