Semakin dicari semakin enggak dapet

· 1 minute read

Kalau kalian mau melakukan sesuatu, di internet ada caranya. Kalau kalian lagi ada mencari solusi atas fisik atau mental di internet banyak bertebaran.

Internet itu solutif. The good part, apabila solusi itu bisa menyelesaikan masalah kita. The bad part, solusi itu malah menambah masalah kita. Semakin kita pingin sesuatu, semakin kita tidak mendapatkannya. Paradox of life.

Contoh. Cara untuk produktif: Bangun pagi jam 5, minum teh hangat, mandi dengan air dingin, meditasi, jalan pagi, journaling, dengarkan podcast favorit. VS Just do the shit.

Solusi produktif malah bikin tidak produktif. Solusi anxiety malah bikin anxiety. Solusi bahagia, malah bikin tidak bahagia.

Semakin banyak cara yang kita lakukan, semakin kita memikirkan cara itu. Semakin mikir, kerjaan yang mesti dilakukan malah tidak dilakukan karena overwhelm dengan banyaknya pikiran kita. We waste our time to think, instead do the 80%. Apalagi cara itu tidak works, bisa terpuruk kita.

Pangkas semua Jangan telalu in-to terhadap detail how to do this, how to do that. Karena masing-masing manusia unique, teknik dia bisa saja tidak kompatibel dengan kita. Lakukan sesuatu sesimpel mungkin. Satu cara dalam satu waktu.

comments powered by Disqus