Semangat Juang

· 2 minute read

Memiliki semangat juang itu penting. Karena dengan semangat juang, kita sudah menang setengah dari pertarungan. Sudah jalan setengah dari perjalanan. Di momen kita tidak memiliki semangat juang, di momen kita merasa tidak bisa, di momen kita merasa kalah, kita akan beneran tidak bisa, beneran kalah.

Semangat juang itu driving force kita untuk tetap melangkah di tengah badai, di tengah ketidakpastian, di tengah ketidakuntungan. Semangat juang adalah faktor yang membuat sebuah kesempatan kecil menjadi benar-benar bisa terealisasi.

Orang-orang lebih mendewakan faktor keberuntungan daripada semangat juang pada suatu hal. Padahal semangat juanglah yang membuat keberuntungan itu beneran terjadi.

Semangat juang itu katalis dari semua faktor keberhasilan. Di momen kita percaya kita akan menang, chance itu akan semakin besar.

Tidak ada salahnya memiliki semangat juang, even pada sebuah pertaruhan atau pertarungan yang kita mendominasi. Meremehkan semangat juang hanya memperkecil kemungkinan kita untuk menang, meningkatkan semangat juang lawan dan memberikan kesempatan lawan untuk menang.

Memiliki semangat juang yang tinggi di kondisi yang tidak menguntungkan itu skill yang perlu diasah. Di momen otak kita menyadari kita berada di posisi yang sulit untuk menang, itu akan langsung menurunkan semangat juang. Bohongi otak, kesadaran kita harus memberikan delusi ke otak bahwa kita masih bisa menang, dan akhirnya semangat juang kembali bertumbuh.

Walaupun kita kalah setelah memiliki semangat juang yang tinggi, itu tidak masalah. Karena tidak akan muncul residu residu penyesalan apabila kita kalah di kondisi ini. Sometimes you win, sometimes you learn. Miliki semangat juang yang tinggi.

Related readings:

Do our best when it isnt enough

comments powered by Disqus