Shadow Organization

· 2 minute read

Ada video Pak Mentri Nadiem Makarim yang menjelaskan bagaimana proses kerja di kementrian pendidikan bekerja. Ada yang ngequote “Shadow Organization”.

Aku search di google shadow organization, tapi di page pertama tidak ketemu jawaban yang relevan, jadi aku asumsikan shadow organization itu bukan term yang resmi yang di pakai luas, tapi aku tau maksudnya. Dan aku yakin diluar negeri ada yang sama juga kayak ini.

Ada pihak ketiga, yang bekerja di balik layar terhadap suatu organisasi dan perusahaan untuk kepentingan tertentu, dan itu diketahui oleh para pemimpin. Maksudnya bukan gerakan terselubung, atau organisasi pemberontakan dalam lingkup perusahaan. Walaupun namanya kesannya kayak gitu 😂

Pak Naidem Makarim juga men-state bahwa “these people are not vendor of ministry”. Jadi mereka itu bukan vendor. Tapi mereka itu menurutku sebenarnya vendor.

Pengertian vendor itu kan pihak eksternal, penyedia jasa yang dibayar untuk membantu pekerjaan kita (perusahaan). Ya shadow organization yang ada di kementrian pendidikan itu sebenarnya vendor. Tapi aku paham kenapa Pak Nadiem men-state “bukan vendor”.

Karena entah kenapa, aku sendiri merasakan kalau aku mendengar kata vendor, aku akan selalu membayangkan project-based dan kualitas pekerjaan yang jelek. Aneh ya, semacam di lingkunganku menggunakan vendor means qualitasnya bakal jelek. Aku gak bisa bilang itu stereotype di Indonesia sih, tapi kayaknya di dunia pemerintahan juga gitu, makanya beliau bilang, ini bukan vendor. Supaya lebih diterima.

Disisi lain, shadow organization bekerja juga bukan project based, tapi di hire jangka panjang, muingkin selama Pak Nadiem masih menjabat. Sama juga, vendor juga kesannya borongan kan ya, talentnya itu borongan. Tapi ini sepertinya di rekrut terpisah, satu satu.

Tujuannya. Aku rasa tujuannya, karena di pemerintahan terlalu birokrasi. Susah sekali bergerak, membuat inovasi dan mengubah sesuatu. Shadow Organization ini diberikan kewenangan nge-bypass itu semua, dan fokus kepada inovasi dan result. Bagian sini aku sangat familiar karena ini sangat tech company style banget.

Siapa yang gak suka terhadap shadow organization ini? Kemungkinan besar pegawai dan pejabat existing. Adanya suatu kelompok berbeda, yang memiliki power setara bahkan lebih dari mereka, bisa ngebypass segala kerumitan yang selama ini jadi tameng untuk alasan “tidak bisa berubah, tidak bisa inovasi”. Karena, banyak orang tidak suka perubahan. Perubahan means keluar dari zona nyaman dan tentu banyak orang tidak suka itu.

comments powered by Disqus