Side Project

· 2 minute read

Karena aku ada di dunia tech, istilah side project ini identik dengan bikin apps sendiri, terus bisa menghasilkan duit darisana. Tapi sebenarnya enggak itu aja. Side project itu luas. Kerjaan yang kita adalah bossnya, dan berharap bisa menghasilkan duit, itu semua adalah side project.

Aku mulai obses terhadap side project itu mungkin sekitar 2019, ketika aku ketemu website indiehackers.com. Forum orang tech yang bikin side project. Pertama ketemu sangat amaze, sangat membuka pikiran, dan sangat inspiratif. Aku langsung punya goal untuk masa depan: “Aku harus punya side project, terus kalau udah self sustain aku bakal cabut, hidup dari penghasilan side project aja.". Dream. Sampai sekarang aku masih pingin kayak gitu.

Tapi, sudah berapa kali aku mencoba membuat side project? Gak ngitungin sih, tapi dibawah 10 lah. Ada yang release, ada yang enggak. Dan mostly, semua tidak works. Kenapa enggak works? Enggak tau. Mungkin dari kira-kira aja ya 7 project, cuma 2 yang release, 5 sisanya implementasinya gak kelar, drop dijalan.

Bikin side project is hard. It become harder, diambah makin guilty karena kita udah punya informasinya, tinggal bikin dan tinggal dilakukan aja. Tapi kita malah gak berhasil, padahal kita udah punya “Cheat sheetnya” istilahnya gitu lah.

Currenty aku lagi coba bikin side project, bukan apps. Tapi aku pingin ini bisa grow. Tunggu 3 bulan lagi. Aku bakal tulis apa yang aku bikin, apa yang aku lakukan supaya grow, dan sudah seberapa grow sih itu.

comments powered by Disqus