Slight differences

· 2 minute read

2016, akhir semester. Besok adalah hari demo. Tapi kelompokku belum bikin projectnya. Masih 0. Itu kalau gak salah matkul yang berhubungan tentang kercerdasaan buatan. Inputnya data, outputnya adalah %-an akurasi. Kita sepakat buat begadang di lab kampus.

Kita start bikin dari jam 9 malem. Ternyata jam 11 udah kelar. Tapi akurasinya masih sekitar 30%-an. Far from 100%. Kita coba refine lagi algoritmanya. Matahari terbit, cuma bisa naik ke 35%. Gak ada waktu lagi, langsung demo ke ruang dosen. Minggu depan keluar nilai AB. Dosenku mengapresiasi perbedaan kecil itu.

Terkadang usaha yang kita lakukan, hanya memberikan sedikit perbedaan pada sesuatu.Tapi jangan remehkan perbedaan kecil itu. Perbedaan kecil itulah yang membangun kreatifitas, membangun mimpi banyak orang.

Jangan remehkan slight difference. Cuma karena perubahanmu kecil, jangan sampai stop untuk berubah ke arah baik. Tetap bergerak. Karena bergerak, jauh lebih baik daripada diam. Berdiam diri itu bukan berarti kita stay, faktanya adalah kita itu berkurang. Entropi.

Entropi

Aku start weight lifting dari dumbell 5 kg, 1 tahun berikutnya masih di 12.5 kg. Slight differences? Tentu saja. Dimana best practicenya tiap minggu mesti nambah minimal 0.25kg. Tapi bandingkan badanku sekarang sama badanku yang dulu.

Cuma bisa nabung 5% dari hasil bulanan? Jangan malah berhenti dan gak nabung. Jangan melewati kesempatan untuk ber-compound interest.

Kalian pernah baca buku, dan tidak paham konsepnya. Tapi di section summary, ada satu kalimat yang bikin kalian paham. Perbedaan kecil tapi impactfull.

Beberapa tulisanku yang baru hanya numpuk ide dari tulisan yang lama. Terkadang cuma mengubah kalimat yang maknanya sama, atau terkadang ada beberapa ide baru. Aku percaya setiap perbedaan kecil itu berarti.

Aku yakin kalian pernah merasa menyesal semacam: “Coba daridulu aku melakukan ini, pasti sekarang aku udah bisa gini”. Jangan bikin penyesalan kedua kali. Lakukan yang perlu dilakukan, pelajari apa yang perlu dipelajari. Mulai dari yang kecil. Percayalah setiap perbedaan kecil itu akan mengubah masa depan. Keep working, keep building, keep moving. Asal masih melakukan itu percayalah kita berada ahead dari mayoritas. Sekecil apapun.

comments powered by Disqus