Stable Diffusion

· 2 minute read

Stabble diffusion ini 3 AI Text to image yang populer. Saudaranya DALL - E dan Midjourney yang mesti bayar. Stable diffusion ini open source, kalian bisa install di laptop kalian dan gunakan sendiri seenak jidat. Aku entah kenapa di twitter lagi banyak yang pada nyobain stable diffusion ini. Dan dari sekian banyak itu, aku udah bisa memperkirakan the possibility dari kegunaan stable diffusion sebagai enhancement dari workflow yang udah ada, atau bahkan membangung bisnis baru dengan ini.

Aku gak riset-riset tentang Dall E dan Midjourney tapi di Stable diffusion, selain kita bisa mengenerate dari text, kita juga bisa memberikan “seed image” ke AI nya. Seed image ini berguna untuk agar generation image dari AI nya tidak jauh-jauh dari seed image. Let say kita kasi seed image stickman sederhana, sama gunung, sama sawah kayak gambaran waktu SD. Nanti ketika kita input prompt “Beautiful landscape 4k”, akan kegenerate berdasarkan seed image yang kita kasi.

Yang menjadi menarik adalah, gambar hasil generation-nya ini, bisa kita jadikan seed image lagi. Rekursif gitu terus, hingga kita bisa mendapatkan karya yang kita memang inginkan. Ini menjadi keren bagiku as orang yang tidak bisa menggambar karena aku bisa membuat gambar dengan keterbatasan skill ku dengan fleksibilitas yang menurutku fantastis. Yang aku bayangkan, ketika kita tidak bisa menggambar seed image, kita kasi aja foto beneran sebagai seed image.

Aku belum pernah nyoba, bakalan jadi next activity dah. Karena masih baru biarin aja orang-orang pada membuat berbagai macam tutorialnya di internet, nanti aku tinggal consume-consume aja biar gak nyoba-nyoba sendiri. Kalau udah ada result bakal aku bikinin postingan lagi.

comments powered by Disqus