Three Faces

· 1 minute read

Kemarin nongkrong lagi dirumah teman yang udah nikah. Topik kemarin tentang hubungan pasangan.

Aku lempar pertanyaan ke forum, karena aku paling newbie di topik ini. Aku tanya gini: “Setelah kalian bersama setelah beberapa lama, pernah gak kalian ketemu kalau pasangan kalian tidak sesuai dengan yang kalian bayangkan, atau yang dia katakan waktu awal-awal.” Jawabannya sama. Pernah. Lalu aku tanya lagi “Terus bagaimana? Kenapa kalian masih lanjut.” Jawaban mereka aku simpulkan begini:

Banyak “yellow flag” yang harusnya kalau bisa dihindari juga, tapi seiring berjalannya waktu malah ditemukan dipasangan. Terus bagaimana? Toleransi. Semakin lama kita bersama pasangan, toleransi kita semakin tinggi. Toleransi dan waktu bersama itu berbanding lurus. Tapi apabila ketemu “red flag”, itu tetap tidak bisa ditoleransikan. Apabila ada critical value yang dilewati, mereka bilang, “hard decision will be made” something like that.

Satu orang nyeletuk. “Aku pernah baca, istilah jepang, kita punya 3 wajah, Wajah pertama yang kita perlihatkan terhadap dunia, wajah kedua yang kita perlihatkan ke closest person, wajah ketiga, yang cuma kita sendiri yang tau”. Intinya, mau seberapa lama pun hubungan kita, kita tidak akan pernah benar-benar tau 100% pasangan kita. So bear with it, memang kayak gitu.

Dari kesimpulan itu, ada yang aku setuju dan tidak. Tapi pendapatku mungkin bias karena pengalamanku masih sebiji.

comments powered by Disqus