Uninterupted Work

· 1 minute read

Selama ini, aku cuma bisa fokus, kerja bersih tanpa distraksi, cuma ngetik kode itu maksimal 2 jam. Kecil? Menurutku kecil, karena kerja kan 8 jam, jadi setelah ngoding 2 jam fokus, istirahat setengah jam, lanjut 2 jam, istirahat setengah jam, lanjut sejam. Jadi udah 6 jam. Yah rata-rata cuma bisa kerja 6 jam bersih sehari.

Kita susah fokus, sangat susah. Kalau melebihi 2 jam, aku pernah nyoba, banyak kesalahan-kesalahan yang harusnya solusinya mudah, jadi enggak ketemu. Jadi aku memutuskan 2 jam maks, terus istirahat. Biasanya sehabis istirahat, secara magic problemnya itu langsung solve.

Aku setuju otak kita itu perlu istirahat, buat kejadian-kejadian kayak diatas itu lah. Tapi aku juga setuju, kita mestinya bisa stretch daya fokus kita. Ke 4 jam lah, itu udah wow banget.

Yang mempengaruhi faktor daya fokus, selain menghilangkan distraksi di sekitar lingkungan kerja, menurutku makanan. Daya fokus menurutku faktor biologis itu sangat berperan, yang kemungkinan makanan kita sehari-hari itu yaa tidak meningkatkan daya fokus sebaik itu. Atau mungkin enggak sama sekali.

Kalau main game gimana? Kalau aku main game sama, aku gak pernah ngitung bersihnya gimana, tapi aku juga perlu istirahat dari bermain game setelah main beberapa jam.

comments powered by Disqus