VARK

· 1 minute read

VARK atau singkatan dari Visual, Aural, Read, Kinaesthetic. Adalah teknik untuk mengetahui preferensi cara kita untuk belajar. Kita itu tipe orang yang gampang belajar via apa sih.

Visual = Gambar Aural = Suara Read = Membaca Kinaesthic = Practical

Aku sudah test dan aku mendapatkan kalau aku dominan di Visual dan Kinaesthic. Which means, aku adalah orang yang lebih mudah belajar melalui gambar-gambar seperti diagram dll, dan belajar secara praktikal, langsung terjun ke lapangan, contoh-contoh, case study.

WhatsApp Image 2022-06-17 at 7.43.57 PM.jpeg

Agak seperti general readings. Mayoritas pasti akan selalu suka apabila belajar hal baru melalui visual dan practical. Karena untuk mempelajari hal baru kita tidak perlu terlalu masuk ke detail, kita perlu informasi generalnya saja. Dan informasi general, terbaik dan termudah bisa didapatkan via visual, praktikal dan audio. Apabila kita sudah perlu untuk masuk ke detail, baru kita membutuhkan membaca. Sebaik apapun hasil survey kita mengatakan bahwa kita adalah orang yang V,A,K bukan R. Membaca buku, manual, docs yang detail itu akan perlu. Dan tidak bisa kita dapatkan di V,A,K. Jadi kalau menurutku, VARK ini selain preferensi cara belajar, adalah tingkatan belajar:

V = Belajar awal A = Belajar awal R = Belajar next step apabila butuh masuk ke detail K = Belajar awal dan next step.

comments powered by Disqus