Writing update

· 2 minute read

Hari ini harusnya topiknya bukan ini, tapi entah kenapa siang udah nentuin topik, waktu mau nulis kayaknya udah gak seru buat dibahas.

Writing update: kurang lebih 9 bulan lah, aku nulis tiap hari. Dengan ketepatan 99%. Apa yang aku rasakan sekarang, dan apa yang aku dapatkan dari sini bakal dibahas disini:

  • Artikel bagus nambah Setiap minggu aku dapat beberapa artikel yang lumayan berbobot. Dulu yang biasanya seminggu cuma 1 artikel yang aku suka, sekarang sudah bisa 2-3 artikel. Which is nice.
  • Udah gak 5 menit lagi Nulis udah enggak 5 menit lagi, bisa sampai setengah jam. Persiapannya, cari topik cari mood bisa 1 jam-an. Tapi aku tetap fun, so it does not matter.
  • Write to think Write to think. This is the best part. Selama ini aku merasa lebih memanfaatkan waktuku menulis sebagai media untuk berpikir. Ada topik dari temen, bahas di tulisan. Ada pertanyaan dari pacar, belum bisa nemu jawabannya at the moment, besoknya tulis disini untuk berpikir dan mencari jawabannya.
  • Average < 200 words Aku sebisa mungkin nulis 200 kata, walaupun setiap artikel masih dominan < 200 kata (Mungkin rata-rata 180 kata). Tapi itu udah bagus lah, tidak ada update signifikan disini.
  • Read read read. I need to read more. Supaya tulisanku itu lebih ada isinya, jadi aku harus baca supaya dapet topik yang bagus. Artikel di internet, twitter, buku, apapun. 1 hari aja gak baca, terus gak dapet ide dari observasi interaksi dengan orang, udah bakal kesulitan untuk nulis.

Apakah mau lanjut? Tentu saja lanjut. Aku mau coba setahun dulu, 12 bulan menulis apa aja yang bisa aku dapatkan.

comments powered by Disqus