YingYang

· 2 minute read

Yinyang itu berasal dari eastern phylosophy, dari china. Aku belum pernah riset-riset tentang yinyang, tapi yinyang itu banyak direferensikan di game, dan film. Jadi aku menjadi paham what the meaning behind that symbol.

Yinyang, simbol hitam dan putih. Dimasing-masing warna, mereka juga punya titik warna lawan dari warna mereka. Yinyang itu melambangkan keselarasan antara perbedaan. Biasanya binary. Karena dipercaya perbedaan itu bukan untuk menghancurkan tapi melengkapi. Disisi lain, titik warna itu melambangkan, every color has flaws, gak bakal bisa 100%. Yang hitam bakal punya sedikit putih, yang putih bakal punya sedikit hitam.

Setiap ideologi selalu saja ada kaum ekstrimis, yang all in tanpa melihat sekitar. Yinyang memberikan gambaran balance, apapun yang kamu ikuti dan percayai, selalu ingat jangan terlalu. Kayak lagunya nosstress, kalau sedih jangan terlalu, kalau senang jangan terlalu balance.

Man and woman. Kalau cewek dia dilambangkan dengan yang (feminimity) kalau yang cowok dilambangkan ke yin (masculinity). By nature, kita sebagai pria dan wanita akan selalu dominan ke itu. Tapi ketika kita mencoba untuk menjadi sebaliknya (Man want to be feminime and woman want to be masculine). Itu hanya bakal memaksakan sesuatu yang seharusnya tidak bisa. Bakal merusak diri dan tatanan keseimbangan peradaban.

Light and dark. Kejahatan dan kebaikan, tidak akan pernah ada kebaikan absolut maupun kejahatan absolut didunia ini. Selalu ada dua itu. Orang baikpun ada sisi jahatnya, orang jahat pun ada sisi baiknya.

Kalau mau tarik lagi, sangkutpautkan semua kedalam yinyang, semuanya bisa dan hidup bakal lebih mudah dan perfect. Andai semudah itu.

comments powered by Disqus