Sakit

· 1 minute read

Hari ini aku sakit. Sekeluarga ternyata juga sakit, kecuali ibuku. Beberapa bulan lalu aku juga sempet nulis ketika aku sakit ini. Waktu itu juga ibuku aja yang tidak sakit. Aku bersyukur banget.

Laser Focus

Semua yang aku tulis disana masih relevant. Waktu sehat banyak maunya, waktu sakit maunya cuma 1. Sembuh.

Kesehatan ini memang kita suka anggap sesuatu yang normal, padahal badan yang sehat ini adalah fondasi dasar kalau kita mau ngapa-ngapain. Sehat dulu baru bisa menggapai mimpi. Kalau sakit kalian bener-bener gak bisa ngapa-ngapain soalnya. Udah ngerepotin lagi.

Yang aku sadari ketika sakit, yang paling cepet sembuh itu aku. Sisanya lebih lama. Mungkin karena faktor usia. Disamping itu mbokku juga yang paling enggak doyan makan, jadi selain usia ada faktor itu. Karena aku percaya makanan itu adalah obat ketika sakit. Ada nutrisi nutrisi pembangun tubuh yang rusak karena sakit.

Also apakah kita butuh suplemen? Kita butuh sih sebenarnya gak usah takut jadi ketergantungan atau gimana. Karena makanan sekarang tidak se-pure dan se-whole makanan purbakala. Pestisida, serta aku juga pernah baca kondisi tanah di dunia ini udah banyak kontaminasi yang menjadikan rantai makanan jadi tidak bernutrisi gitu.

Terus untuk obat, antibiotic, parasetamol dkk. Baru minum, ketika kamu bener-bener butuh aja. Aku selalu mengukurnya dengan kalau udah tidur tapi sakitnya masih, berarti butuh.

comments powered by Disqus